Ini Deretan Tokoh yang Masuk Bursa Cagub Banten 2024

Bakal Calon Gubernur Banten 2024 (Foto: Ist)

KUPAS.TOP, Banten - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten yang akan dilaksanakan bulan November 2024, muncul beberapa sosok yang mulai digadang-gadang atau menyatakan kesapan diri maju menjadi bakal calon gubernur (Bacagub).

Sedikitnya ada empat tokoh yang masuk bursa pencalonan Gubernur Banten periode 2024 – 2029. Diantaranya, mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Rano Karno. Ada pula mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diany, yang juga adik ipar Ratu Atut Chosiyah.

Selain itu, muncul juga nama putri tokoh Banten KH Tb Sangadiah, yakni Ratu Ageng Rekawati, yang juga masuk bursa calon Gubernur Banten. Ratu Ageng Rekawati dikenal sebagai tokoh muda yang concern terhadap pelestarian budaya.

Berikut ini, profil singkat empat sosok tokoh masuk bursa Calon Gubernur Banten periode 2024 – 2029 :

1.Rano Karno

Rano Karno merupakan tokoh perfilman nasional. Pemeran Si Doel Anak Sekolahan ini pernah menjabat sebagai wakil gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah.

Rano juga pernah menduduki kursi orang nomor satu di Banten sebagai Plt Gubernur Banten pada tahun 2015 – 2017, menggantikan Ratu Atut Chosiyah.

Saat ini ia menjadi legislator dari Partai PDIP yang kembali bertarung memperebutkan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Banten III.

2.Wahidin Halim

Wahidin Halim adalah tokoh yang banyak membawa perubahan di Kota Tangerang saat ia menjabat sebagai Walikota Tangerang periode tahun 2003 – 2013 (dua periode).

Pria berusia 69 tahun ini, merupakan Gubernur Banten ke-4 bersanding dengan Andika Hazrumy yang berakhir pada 12 Mei 2022 lalu. Saat ini pria yang akrab sisapa WH bakal maju kembali di Pilgub Banten 2024.

Jelang Pemilu 2024 lalu, WH dipercaya menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem.

 3.Airin Rahmi Diany

Airin Rahmi Diany adalah politikus Partai Golkar yang mengemban tugas sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo – Gibran. Ia pernah menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan selama dua periode 2011 – 2021.

Wanita kelahiran Kabupaten Banjar, Jawa Barat, 28 Agustus 1976 ini kian santer terdengar bakal maju di Pilgub Banten yang diusung oleh Partai Golongar Karya (Golkar).

4.Ratu Ageng Rekawati

Dari tokoh-tokoh yang muncul sebagai Calon Gubernur Banten, nama Ratu Ageng Rekawati (RAR) mulai mentereng di kalangan masyarakat lapis bawah di Banten. Ia merupakan putri tokoh Banten KH Tb Abah Sangadiah.

RAR merupakan tokoh paling muda yang masuk bursa calon Gubernur Banten. Wanita kelahiran 24 November 1986 ini merupakan Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) dan pendiri Yayasan ODGJ Minhazud Darul Iman.

Selain tokoh yang concern terhadap pelestarian budaya Banten, RAR juga aktif di berbagai kegiatan sosial, diantaranya orang tua asuh bagi ratusan anak yatim, pendiri Sahabat Hati Anak (Sahati), ibu angkat bagi anak penderita hidrosefalus, dan beragam kegiatan sosial lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar